Jumat, 11 Februari 2011

ULAMA NAHWU DAN SHARAF

  
بسم الله الرّحمن الرّحيم


التّاريخ من العلماء أهل الّلغة والّثقافة


(NB: Kamus nahwu dan sharaf, Imam Saiful Mu'minin)





JALALUDDIN AS-SUYUTHI

               Nama bernama Abdurrahman Bin Abu Bakar As-Suyuthi, lahir di Kairo Mesir pada bulan rajab tahun 849 Hijriyah.
                 As-Suyuthi adalah seorang anak yatim, dimana ketika masa kanak-kanaknya beliau sudah menghafal Alqur'an dan Hadist. Kemudian setelah itu, beliau memulai menekuni ilmu-ilmu Agama. Sebelum menginjak usia delapan tahun, beliau sudah menghafal Alqur'an dengan sempurna.
               Didalam biografinya, Beliau mengatakan: "Pada saat masih kecil aku telah hafal Alqur'an sebelum usia delapan tahun, kemudian setelah itu aku menghafal kitab Al-'Umdah, Minhaj Al-Fiqh, Ushul, dan Alfiyah Ibnu Malik."
               Diantara guru As-Suyuthi dalam bidang ilmu nahwu adalah Syaikh Muhyiddin Al-Kafiyaji. As-Suyuthi belajar secara tekun kepada Al-Kafiaji selama 14 tahun. Gurunya tersebut asli kelahiran Romawi. Tentang gurunya, As-Suyuthi mengungkapkan sendiri: "Aku menganggap Syaikh Al-Kafiaji sebagai orang tuaku sendiri, karena beliau sangat banyak membantu dan sangat menyayangiku. Diantara Beliau dan Ayahku terjadi ikatan yang baik."
               Tidak sedikit guru-guru As-Suyuthi dari kalangan perempuan (Syaikhah), diantaranya adalah Ummu Hani Binti Haurani, Ummu Fadhal Binti Muhammad Al- Mishriyah, Fatimah Binti Ali BIN Yasir,Nasywan Binti Abdullah Al-Kanani, Hajar Binti Muhammad Al-Muqaddasi, dan Ummi Khair.
               As-Suyuthi adalah seorang ulama  yang alim dalam bidang kajian ilmu Islam, terutama didalam bidang ilmu bahasa, dimana Beliau mampu menjelaskan masalah-masalah yang pelik menjadi mudah dan jelas. Bahkan Beliau adalah satu-satunya ulama islam yang memiliki banyak kitab hasil karyanya. Menurut Riwayat, beliau menghasilkan karya lebih dari500 kitab karangan didalam berbagai bidang studi Islam. Hal demikian disamping aktifitas ibadahnya yang tekun dan istiqomah, Beliau juga cepat didalam menulis. Resep ini Beliau peroleh dari Nasehat gurunya sendiri Yaiti Syaikh Al-Kinani dengan didukung langsung dengan syairnya:

حدّثنا شيحناالكنانّي                 عن أبه صاحب الخطابة

أسرع أخاالعلم في ثلاث                 ألاكل والمشيوالكتابة

               Guru kami, Al-Kinani menceritakan dari Ayahnya seorang orator: bersegeralah wahai pelajar dalam tiga hal: makan, berjalan, dan menulis.

               Murid beliau, Ibnu Imad memberikan komentar mengenai sifat-sifat baik As-Suyuthi dan karya tulisannya: "Karena ketenarannya, sudah cukup untuk tidak disebut-sebut. Kenapa? Karena kebanyakan kitab karangan pada masa hidupnya telah tersebar luas di seluruh bumi bagian Barat dan Timur. Demikian itu merupakan salah satu suatu tanda yang luar biasa tentang betapa cepatnya Syaikh Jalaluddin dalam menulis kitab."
               Karangan kitab Beliau dalam bidang bahasa dan nahwu, diantaranya: Al-Mudzir dan Al-Asybah wa An-Nazhahir, dalam bidang bahasa; Al-Iqtirah fi Usdul An-Nahwi; Jam'u Al-Jawami' dan Ham'u Al-Hawami', dalam bidang nahwu ; Al-Barjah Al-Mardhiyah fi Syarah Alfiyah Ibnu Malik; Syarh At-Tashrif Ibnu Malik, dan Syarh Al-Qasidah Al-Kafiyah, dalam bidang ilmu Tashrif.


ABU FARAJ AL-ASHBAHANI (897-968M)

               Nama aslinya adalah Ali Bin Hasan Bin Muhammad Abu Faraj Al-Ashbahani, seorang ahli nahwu, bahasa, sejarah dan hafal syair, lagu-lagu, kisah, hadist, musnad, nasab kedokteran, perbintangan dan macam-macam jenis minuman.
               Ibnu Kalkah pernah berkata: "kakeknya adalah Marwan Bin Muhammad, Khalifah terakhir Bani Umayyah. Beliau asli kelahiran Isfahan dan besar di kota Baghdad. Diantara kitab karangan terkenalnya adalah Al-Aghani. Menurut cerita, Beliau menyusun kitab Al-Aghani selama 50 tahun, dan membawanya kepada Saifuddaulah Bin Hamdan, kemudian kitab tersebut diserahkan kepada raja tersebut, dan diganti dengan uang seribu dinar.
                Diriwayatkan dari As-Shahib bin Ibad, bahwa beliau selama didalam perjalananya selalu membawa tidak kurang dari 30 kitab sastra untuk dibaca. Dan ketika sampai kepadanya kitab Al-Aghani, maka Beliau mengembalikan semua kitab sastra tersebut. Abu Faraj wafat di Baghdad tahun 357 hijriyah, dan sebelum wafatnya beliau mengalami penyakit pikun.
                Diantarnya kitab-kitab karanganya adalah Muqatil At-Thalibin; Akhbar Al-Ilma As-Syawa'ir Al-Hanat; Ad-Diyarah dan Adab Al-Ghuraba.


ABU 'ALA Al-MA'ARI (973-1057M)

               Nama lengkapnya adalah Ahmad Bin Abdullah Bin Sulaiman Al-Imam Abu "Ala Al-Ma'ari, seorang penyair terkenal. Karena ketenarannya dalam syair itu, Beliau menjadi seorang alim dan pandai dalam bidang nahwu dan bahasa.
               Al-Ma'ari belajar nahwu dan bahasa dari Ayahnya langsung dan dari Muhammad Bin Abdullah Bin Sa'ad An-Nahwi di Halab, kemudian Beliau pindah ke kota Baghdad dan dikota ulama ahli nahwu Beliau belajar Hadist dari Abdussalam Bin Husain Al-Bishri. Kemudian pindah ke kota Tarablus, dan karena disana terdapat khazanah (perpustakaan) kitab-kitab yang telah di wakafkan, maka beliau dapat menyerap segala bidang disiplin ilmu pengetahuan darinya.
               Beliau pernah melawat ke kota Al-Ladziqiyah dan tinggal sebentar di Dair, dimana dikota tersebut ada seorang Rahib (pendeta) yang menguasai bidang filsafat, kemudian Al-Ma'ari belajar kepadanya, tetapi Beliau mendapat kebimbangan.
               Diantara kitab karangan dalam bidang nahwu adalah Zahir Al-Adhudi; Syarh Ba'dh Abyat Sibawaih; Al-Haqir An-Nafi, dan kitab Luzum ma la Yalzamu.


ABU QASIM AT-TANUKHI (960-1026)

          Nama beliau adalah Muhassin bin Abdullah bin Muhammad bin Amr Ibnu Said Abu Qasim At-Tanukhi, seorang ahli bahasa dan sastra yang memiliki puisi terkenal:

و كيف يدارى امرئ حاسدنعمة      إذاكان لايرضيه إلاّزواله

       Bagaimana mungkin seseorang dapat bersikap halus terhadap pendengki suatu kenikmatan, bila ia tidak menghendakinya kecuali hilang kenikmatan itu. 
                Ibnu Tughri berkata: "Tanukhi termasuk orang yang cerdas serta memiliki banyak kitab karangan." Ketika lewat kota Damaskus dalam rangka menunaikan ibadah haji ke Mekkah, Beliau wafat di tengah perjalanan, kemudian jenazahnya dibawa ke Madinah dan dikubur di tanah Baqi'.


ABU HATIM

               Beliau adalah Sahal Bin Muhammad As-Sajastan, seorang ahli bahasa, nahwu, dan 'aurudh. Tinggal di Bashrah dan termasuk salah satu ulama disana. Beliau pernah membaca kitab Syibawaih kepada Al-Akhfasy sebanyak dua kali,dan banyak meriwayatkan dari Abu Zaid, Abu Ubaidah, dan Al-Ushmu'i.
               Beliau adalah seorang ahli qira'at serta banyak mengumpulkan berbagai kitab karangan,sampai semua kitabnya dijual sekitar 14.000 dinar setelah beliau wafat. Kitab karangannya dalam bidang qira'at menjadi kebanggaan ulama ahli Bashrah.
               Abu Hatim wafat di Bashrah pada bulan rajab, menurut riwayat lain beliau wafat pada bulan muharram tahun 225 Hijriyah.


 IBNU 'AQIL

              Nama lengkap beliau adalah Bahaudin Abdullah Bin Abdurrahman Bin Abdillah Bin Muhammad Al-Qurasyi Al-Hasyimi Abu Muhammad Bin Abu Fatah Zainuddin Bin Abu Thalib.
              Ibnu Aqil belajar qira'at sab'ah dari Syaikh Taqiuddin Ash-Shaigh, dan bahasa Arab dari Syaikh Alaudin Al-Qanuwi. beliau belajar kitab Tashil karya Ibnu Malik dan kitab Syibawaih selama empat tahun kepada Syaikh Atsirudin. Kemudian beliau belajarkitab Idhah kepada Qadhi Al-Qudhat (hakim agung) Syaikh Jalaludin.
              Diantara kitab karya beliau dalam bidang ilmu nahwu adalah Syarh Alfiyah Ibnu Malik; Al-Musa'id Fi Syarh At-Tashil, dan beliau juga menulis dalam fiqih dan tafsir; kitab Jami' An-Nafis dan At-Thaliq Al-Wajiz 'ala Al- Kitab Al-Aziz.


IBNU FARIS

              Beliau adalah Ahmad Bin Faris Bin Zikrya Al-Qazwaini Ar-Razi Abu Husain, seorang ulama ahli bahasa dan sastra. beliau asli kelahiran Qazwain, dan pernah tinggal sebentar di Hamadan, kemudian pindah ke daerah Rai sampai beliau wafat.
              Diantara kitab-kitab karya beliau adalah  Maqayis Al-Lughah sebanyak enam jilid; Al-Mujmal satu jilid kecil; Ash-Shahibi dalam bidang ilmu 'Arabiyah; Jami' At-Tawil dalam bidang tafsir Alqur'an sebanyak empat jilid, dan Tamam Al-Fashih.


IBNU NAHWIYAH

              Beliau adalah Muhammad Bin Ya'qub Bin Ilyas Badrudin, Beliau dikenal dengan Ibnu Nahwiyah, seorang ahli bahasa dari Damaskus dan memiliki banyak kitab karangan dalam bidang Nahwu, diantaranya Syarh Alfiyah Ibnu Mu'thi dalam bidang Nahwu; Ishfar As-Shabah Ad-Dha'i Al-Misbah sebanyak dua jilid dan Syarh Al-Kafiyah.


ABU HAYAN


             Beliau adalah Atsiruddin Muhammad Bin Yusuf Bin Ali Bin Yusuf, seorang imam ahli nahwu dan bahasa, sastra dan qira'at. Beliau lahir di Granathah (Granada), Spanyol tahun 654 Hijriyah.
             Pernah belajar secara mulazamah kepada Syaikh Bahaudin Bin Nahas. Beliau banyak menulis dan menghafal kitab Minhaj Nawawi dengan sempurna, memiliki Nazham yang elegan. Pernah ada sebagian amir bertanya kepadanya Beliau tentang namanya, kemudian beliau menjawab: "jika anda tidak memuliakannya maka pergilah. Dan jika anda memuliakannya, maka janganlah hendak mengambil waktu atau kehidupannya ini."
             Abu Hayan wafat di Kairo, Mesir pada bulan Shafar tahun 754 Hijriyah.



IBNU SIDI

         Beliau adalah  Abu Muhammad Abdullah Bin Muhammad Bin Sidi Al-Baitlus, tinggal di kota Balnasiyah. Beliau adalah seseorang yang cerdas dalam mengajar dan memiliki banyak kitab hasil karyanya. Diantara kitab-kitab hasil karyanya adalah Al-Mutsallats sebanyak dua jilid.
             Ibnu sidi lahir di Baitlus, bawahan negara Andalusia, Spanyol, dan wafat di kota Balnasiyah, Andalusia.


IBNU AJURUM

          Beliau bernama Muhammad Bin Muhammad bin Dawud Abu Abdillah Ash-Shanhaji, dikenal dengan nama Ibnu Ajurum, yang artinya menurut bahasa Barbar adalah orang yang fakir dan sufi. Beliau seorang Imam dalam bidang nahwu dan bahasa, seorang pengarang kitab Al-Muqaddimah, yang selanjudnya dikenal dengan Al-Ajurumiyah. 
                Menurut riwayat, selama mengarang kitab ini, Beliau senantiasa menghadap kiblat. Ibnu Ajurum adalah kelahiran kota Fas (Fez) yang ahli juga didalam ilmu Hisab (matematika) dan Fara'idh. Dilihat dari isi kitab Muqaddimah-nya dapat dipahami, bahwa Beliau adalah ulama nahwu Madzhab Kufah.
                Ibnu Ajurum juga memiliki Banyak kitab karangan dan nadzam dalam bentuk Bhar Rajaz dalam bidang ilmu Qira'at dan dalam disiplin ilmu lainya. Beliau wafat di Negara Maghribi (Fas) dan di semayamkan dipemakaman Bab Al-Jadid.

 
IBNU JAMA'AH

           Nama lengkap Beliau adalah Muhammad bin Abu Bakar Bin Abdul Aziz Abu Abdillah Izzuddin Al-Kanani Al-Hamawi Al-Mishri, dikenal dengan nama Ibnu Jama'ah. Dia seorang pakar ilmu bahasa, bayan, jadal, dan ushul. Asli keturunan Dari Hamah, dan lahir di Yanbu, daerah di pesisir laut merah. kemudian Beliau pindah ke Negara Mesir dan disana Beliau menjadi Murid Ibnu Khaldun. Namun pada sa'at itu sedang terjadi wabah penyakit Thaun. Ibnu Jama'ah adalah salah satu yang terjangkit penyakit mematikan tersebut dan akhirnya Beliau wafat.
                  Ibnu Jama'ah juga mahir dalam bidang kedokteran dan semua cabang ilmu pengetahuan, sampai dalam urusan keterampilan, seperti permainan memanah, bermain pedang, dan melempar lembing.
                  Beliau banyak memiliki kitab karangan, diantaranya Hasyiyah "ala At-Atauhidhih; Al-Mutsallats fi Al-Lughah; Hasyiyah 'ala Alfiyah; Hasyiyah 'ala Al-Mughni, dan Ghayah Al-Amani fi 'ilm Al-Ma'ani.


IBNU JINNI


                 Beliau bernama Utsman bin Jinni Abu Fatah Al-Mushili, seorang ahli sastra , nahwu dan sharaf. Ilmunya dalam bidang sharaf lebih kuat dibanding nidang nahwu. Penyebabnya adalah pada saat Beliau membacakan ilmu nahwu di masjid Al-Mushili, lewatlah didepan hadapanya Abu Ali Al-Farisi, dan Beliau sempat menanyakan mengenai suatu masalah dalam bidang ilmu Tashrif (sharaf), akan tetapi Ibnu Jinni tidak bisa menjawabnya. Maka Abu Ali berucap padanya:
زببت قبل أن تحصرم (Kamu berbicara banyak sampai berbuih sebelum kamu matang), sehingga akhirnya beliau belajar secara mulazamah kepada Abu Ali Al-Farisi selama 40 tahun dan menekuni bidang Sharaf.
                 Pada saat Abu Ali Al-Farisi wafat, ibnujinni menggantikan kedudukanyadi Baghdad. Beliau pernah bertemu Mutanabbi dan berdiskusi dengannya dalam suatu masalah bidang nahwu, tanpa membacakan syairnya kepada Ibnu Jinni; "Orang ini tidak diketahui kedudukanya oleh kebanyakan manusia."
                 Diantara kitab karangannya adalah Al-Kashaish dalam bidang nahwu; Syarh Diwan Al-Mutannabbi; Syarh Tashrif Al-Mazini; Al-Kafi fi Syarh Al-Qawafi karya Al-Akfasy; Mahasin Al-'Arabiyyah, dan Al-Muqtadhah min Kalam Al-Arab. Mutanabbi pernah berkata; "Ibnu Jinni lebih memahami Syairku dibanding aku." Beliau lahir di Mushil dan Ayahnya adalah seorang budak asal Romawi milik Sulaiman bin Fahd Al-Azdi Al-Mushili. beliau wafat di Baghdad dalam usia 65 tahun.


IBNU KHARUF


                 Nama lengkapnya adalah Alibin Muhammad bin Ali (menurut Yaqut: Ali bin Muhammad bin Yusuf) bin Kharuf Al-Andalusi. Dia seorang imam dalam ilmu 'Arobiyyah, peneliti yang mahir, dan mumpuni dalam ilmu Ushul.
                 Ibnu Kharuf belajar nahwu dari Ibnu Thahir, yang dikenal dengan nama Al-Khidab. Beliau pernah membacakan ilmu-ilmu nahwu di beberapa negara, dan pernah tinggal sebentar dikota Halab. Menurut riwayat, di akhir hayatnya beliau hilang ingatan sehingga berjalan di pasar tidak memakai penutup kepala dan terbuka auratnya.
                 Ibnu Kharuf adalah seorang penjahit pakaian. Bila beliau memperoleh keuntungan dari hasil menjahitnya, Beliau membagi dua bagian: separuh untuk kebutuhan hidupnya danseparuh lain untuk kebutuhan gurunya, Ibnu Thahir, seorang pengarang sejumlah Hasyiyah kitab Sibawaih di kota Persia.
                 Diantara kitab karangannyaadalah Syarah Sibawaih, dimana kitab tersebut pernah dibawa penguasa Maghribi, lalu diberikan kepadanya dengan diganti seribu dinar. Kitab karangan lainnya adalah Syarh Al-Jumal.


IBNU KAHLAWIH

                  Beliau adalah Husain bin Ahmad bin Khalawih Abu Abdillah, seorang ahli bahasa dari kelompok ulama nahwu. Beliau asli kelahiran Hamadan, kemudian berziarah ke Yaman dan mukim sebentar di Dzamar, kemudian pindah lagi Ke Syam dan mukim di Halab sampai akhirnya menjadi orang terkenal disana.
                  Bani Hamdan memberikan kedudukan tinggi kepadanya. Beliau memiliki Majelis dan tempat untuk berdiskusi bersama Mutanabbi di hadapan Saifuddaulah. Kemudian Saifuddaulah menjanjikan kepadanya agar mengajar anak-anaknya. Ibnu Khalawih wafat di Halab. Diantara kitab karangannya adalah Syarh Maqshurah Ibnu Duraid; Isytiqaq; Al-Jumal dalam bidang Nahwu dan kitab Al-Badi'.



 IBNU DURAID


                 Beliau adalah Muhammad bin Hasan bin Duraid Al-Azhdi (kota Adz Oman bawahan daerah Qathan Abu Bakar). Beliau seorang ulama ahli bahasa dan sastra. Diantara ulama berkata tentangnya: "Ibnu Duraid adalah seorang ulama dari kalangan ahli syair, dan seorang ahli syair dari kalangan ulama." Ibnu Duraid mempunyai sebuah kitab terkenal, yaitu Al-Maqshurah Ad-Duraidiyyah. Beliau lahir di kota Bashrah, kemudian pindah ke Oman dan bermukim disana selama 12 tahun. Kemudian Beliau pindah kembali ke Bashrah, dan mengembara lagi ke daerah-daerah yang berada di persia. Keluarga Mikal pernah mengukuhkan Diwan Persia Karya Ibnu Duraid, dan mereka memuji Kasidahnya, Al-Maqshurah Ad-Duraidiyyah. Beliau kembali ke Baghdad dan bertemu dengan raja Muqtadir Abbasiyah. Duraid digaji setiap bulan oleh raja sebesar 50 dinar. dan beliau bermukim disana sampai wafatnya. 
                  Diantara kitab karyanya adalah Al-Isytiqaq, dalam bidang nisbat; Al-Maqshurah wa Al-Mamdud beserta syarh-nya; Al-Jamharah dalam bidang bahasa sebanyak tiga jilid; Taqwim Al-Lisan dan Adab Al-Katib.


IBNU DURUSTUWAIH


                   Beliau bernama Abdullah bin Ja'far bin Durustuwaih bin Marzaban al-Farisi, seorang alim dibidang nahwu dan sastra. Belajar sastra kepada Ibnu Qutaibah dan nahwu kepada Ibnu Mubarrad. Beliau tinggal di Baghdad sampai wafatnya.
                   Diantara kitabnya yang terkenal adalah Tafsir Kitab Al-Jurmi; Al-Irysad dalam bidang nahwu; Kitab Al-Hija; Syarh Al-Fashih; At-Tawasuth baina Al-Akhfasy wa Tsa'lab fi Tafsir Al-Qur'an Ar-Rad 'ala Ibnu Khalawaih fi Al-Kull wa Al-Ba'dh; Akhbar An-Nahwiyyin, dan kitab Jawami' Al-'Arudh.



IBNU SIDAH

                   Beliau adalah Abuhasan Ali bin Ismail (456H/1066M), seorang imam dalam bidang bahasa dan sastra. Diantara kitab karyanya adalah Al-Mukhashash; Al-Muhkam wa Al-Muhith Al-A'zham dan Syarh ma Asykala  min Syi'r Al-Mutanabi.



IBNU SIKKIT


                  Nama Beliau adalah Ya'qub bin Ishaq Abu Yusuf bin Sikkit, seorang imam dalam bidang bahasa dan sastra Arab, asli kelahiran Khuzastan (daerah antara Bashrah dan Persia). Ibnu Sikkit belajar di Baghdad dan pernah bertemu dengan raja Mutawakkil Abbasiyah. Raja menjanjikan kepadanya agar mengajar anak-anaknya.
                   Suatu ketika terjadi perselisihan karena ada kesalahpahaman antara raja dan Ibnu Sikkit, lalu raja membunuhnya. Menurut cerita, raja bertanya kepadanya tentang ikhwal kedua anaknya, Mu'taz dan Muayyad: apakah orang yang di cintainya adalah kedua anaknya atau Hasan dan Husain (cucu Rasul)/? Maka Ibnu Sikkit menjawab: "Demi Allah, sungguh Qanbar, pelayan saya itu lebih baik dari tuan dan kedua anak tuan. Kemudian raja menyuruh orang-orang Turki agar menusuk perut Ibnu Sikkit dan memotong lidahnya, kemudian Beliau dibawa ke rumahnya, yang akhirnya meninggal di Baghdad.
                    Diantara kitab karyanya adalah Ishlah Al-Mantiq. Al-Mubarrad pernah berkata: "Aku tidak pernah melihat sebuah kitab ulama di Baghdad yang lebih bagus dari Ishlah Al-Mantiq." Kitab Saraqat Asy-Syu'ara; Tafsir Syair Abu Nuwas, sebanyak 800 lembar, dan Kitab Al-Ibdal.


IBNU 'USHFUR


                    Bernama Ali bin Mu'min bin Muhammad Abu Hasan bin 'Ushfur, seorang ahli ilmu nahwu asli kelahiran Isybiliyah (Sevillia) Spanyol, seorang pembawa bendera linguistik Arab di Andalusia. Beliau pernah belajar secara mulazamah kepada Ustadz Syalaubin selama 10 tahun, sampai menamatkan kitab Sibawaih. Ibnu 'Uhfur dikenal dengan seorang yang sangat tekun muthala'ah, sambil mengajar di Sevillia, Syuraisy, Malaga, dan Mursiyah.
                    Ibnu 'Ushfur tidak punya ilmu lain selain bahasa Arab, dan juga tidak ahli dalam ilmu-ilmu lainnya. Untuk itu, Beliau tidak pernah berhubungan dengan ilmu qira'at, fiqih, dan periwayatan Hadist. Beliau lahir di Sevillia tahun 597 Hijriyah, dan wafat di Tunisia tahun 663 Hijriyah.
                   Dianta kitab karyanya adalah Al-Muqarib dalam bidang nahwu, tetapi kitab tersebut mendapat kritikan dari ulama Andalusia, diantaranya Ibnu HIsyam, Al-Jazari dan Ibnu Dha'i, Sampai beliau menulis kitab sanggahannya dengan nama Al-Manhaj Al-Mu'rib fi Ar=Rad 'ala Al-Muqarib. Dalam kitab tersebut dijelaskan mengenai kekeliruan-kekeliruan dan pengoreksian terhadap kitab Al-Muqarib.  




IBNU QUTAIBAH 


                   Beliau adalah Abdullah bin Muslim bin Qutaibah Abu Muhammad Al-Kufi, yang lahir di Kufah dan Di juluki Ad-Dainawari, karena pernah menjabat sebagai Qadhi (hakim) di kota Dainawari. Beliau seorang ulama yang Tsiqah dalam periwayatan, alim dalam bahasa, nahwu, dan sastra, gharib Al-Qur'an, syair, Fikih serta banyak sekali kitab karangannya. Menurut riwayat ketika menjelang wafatnya, Beliau kaget dan menjerit kencang sampai terdengar dari tempat jauh, lalu pingsan dan akhirnya wafat.
                   Diantara kitab karangannya adalah I'rab Al-Qur'an; Jami' An-Nahwi; Diwan Al-Kuttab; Talqin Al-Muta'alim min An-Nahwi; Masail wa Al-Ajwibah; Al-Qalam dan Jami' An-Nahwi Ash-Shagir.




IBNU KAISAN 


                 Beliau bernama Muhammad bin Ahmad bin Ibrahim bin Hasan, dikenal dengan nama Ibnu Kaisan, seorang ulama bahasa Arab, mahir bahasadan nahwu dari Baghdad.
                 Ibnu Kaisan belajar nahwu kepada Mubarrad dan Tsa'lab, kemudian mengikuti Madzhab Bashrah dan Kufah dalam bidang nahwu sampai menjadi ulama nahwu terkenal. Menurut riwayat, Ibnu Kaisan lebih alim di banding Al-Mubarrad dan Tsa'lab. Ibnu Kaisan dapat meramu pendapat ahli-ahli nahwu, dan mengambil pendapat yang menurutnya valid, Kemudian menganalogikannya, serta tidak bersikap fanatik kepada salah satunya. Ya'qut berkata: "Tetapi Ia lebih cenderung kepada madzhab Bashrah."
                 Abu Bakar Muhammad bin Mubraman hendak membaca kitab Sibawaih di hadapan Ibnu Kaisan, tetapi ia menolaknya sambil berucap: "Pergilah beserta kitab Sibawaih kepada Ahlinya," yakni Az-Zajaj dan Ibnu Siraj.
                  Ibnu kaisan memiliki banyak kitab karangan, diantaranya adalah Al-Muhadzdzad, dalam bidang nahwu; Al-Haqaiq; Al-Burhan; Al-Waqf wa Al-Ibtida; Al-Hija waKhat; At-Tasharif; Mukhtashar fi An -Nahwi, dan Al-Mukhtar fi 'Ilal An-Nahwi.
                  Menurut riwayat tentang majelis Ibnu Kaisan: "Dia bisa memulai pengajiaannya dengan bacaan Al-Qur'an lalu bacaan-bacaan lainnya, kemudian membacakan hadist-hadist Rasul SAW. Di depan pintu Masjidnya telah berkumpul seratus pelayan kendaraan yang disediakan untuk para ulama, penulis dan tokoh yang hendak pergi ke Masjid Ibnu Kaisan, Beliau sangat menghormati tamunya."




IBNU MU'THI


                  Beliau bernama Abu Zakaria Yahya bin Mu'thi Az-Zawawi, asli kbilah Maghrubi. Ibnu Mu'thi belajar ilmu Arab kepada Abu Musa Al-Jazuli di Maghrib, kemudian kembali ke Damaskus dan bermukim lama disana, kemudian pindah ke Mesir dan tinggal disana sambil mengajar di Masjid Al- Atiq sampai wafatnya pada hari senin bulan Dzul Qa'dah tahun 625 hijriyah, dan disemayamkan dekat dengan Imam Syafi'i.
                  Di antara kitab karyanya dalam bidang nahwu adalah Alfiyah Ibnu Mu'thi. Kitab tersebut membicarakan mengenai nahwu dan sharaf, sama halnya dengan Alfiyah Ibnu Malik sebanyak seribu bait, yang menurutnya dapat mengungguli Alfiyah Ibnu Mu'thi tersebut, sebagaimana di ungkapkannya langsung olehnya di dalam baitnya yang kelima:


وتقتضي رضابغيرسخط    فائقة ألفيةابن معط

 Ia memenuhi keridhaan tanpa ada unsur kebencian, serta mengungguli Alfiyah Ibnu Mu'thi.


IBNU MALIK

                Nama lengkapnya adalah Abu Abdillah Muhammad Jamaludin bin Abdillah bin Malik Al-Andalusia, seorang ulama ahli nahwu terkenal dari Andalusia, Spanyol yang bermadzhab Maliki. Ibnu Muqri menulis dalam kitab Nafh At-Thayyib, ketika membicarakan orang-orang yang pindah dari Andalusia menuju negeri Timur (Masyriq)
                "Ibnu Malik adalah seorang ahli nahwu bermadzhab Maliki pada saat tinggal di negeri Maghribi (Spanyol), kemudian pindah Madzhab Syafi'i pada saat pindah ke Negeri Masyriq, dan bermukim di Damaskus." Beliau mendengar hadist dari Mukron, Abu Shadiq Hasan, Ibnu Shabah, Abu Hasan As-Sakhawi, dan ulama hadist lainnya. Kemudian Beliau mempelajaribahasa Arab dari sejumlah ulama. Diantara murid-muridnya di Jayan (Spanyol) adalah Abu Al-Muzhaffar. Menurut riwayat lain, Abu Hasan Tsabit bin Khiyar, yang dikenal dengan nama Ibnu Thailisin Abu Razin bin Tsabit bin Muhammad bin Yusuf bin Khiyar Al-Kala'i, asli kelahiran Liblah. Ibnu Malik belajar Qira'at dari Abu Abbas Ahmad bin Hiwar. Ibnu Malik sempat membacakan kitab Sibawaih kepada Abu Abdillah bin Malik Al-Mursyan, Jais Yaisy, Tilmdz, Amrun, dan ulama Qira'at lainnya.
                  Ada banyak kitab yang menjadi Syarh (komentar) terhadap Al-Fiyah Ibnu Malik, diantaranya kitab Awdhah Al-Masalik ila Alfiyah Ibnu Malik, karya Ibnu Hisyam; Syarh Alfiyah Ibnu Malik karya Abdurrahman Al-Makudi yang dikenal dengan Al-Makudi; Manhaj As-Salik ila Alfiyah Ibnu Malik karya Al-Asymuni; Syarh Alfiyah Ibnu Malik karya Ibnu 'Aqil, dan kitab Syarh lainnya.


IBNU MANZHUR

                  Nama panjangnya adalah Muhammad bin Mukrim bin Ali Abu Fadhal Jamaludin Ibnu Manzhur Al-Anzhari Al-Ifriqi, penyusun kamus Lisan Al-'Arab. Beliau seorang imam bahasa keturunan Ruwafiqi bin Tsabit Al-Anshari. Ibnu Manzhur lahir di Mesir dan mengabdi dalam bidang Diwan Insya' di Kairo, kemudian menjabat hakim di Tharablus dan kembali lagi ke Mesir sampai beliau wafat disana.
                  Ibnu Manzhur banyak meninggalkan tulisan tangan sebanyak 500 jilid. Ibnu Hajar pernah berkata: "Ia seorang yang gemar meringkas kitab sastra yang tebal." Ibnu Shafah juga berkomentar: "Aku tidak mengetahui sedikitpun kitab-kitab sastra  melain kan Ibnu Manzhur telah meringkasnya."
                  Kitabnya yang terkenal adalah Lisan Al-'Arab sebanyak 20 jilid. Dalam kamus tersebut, Beliau menghimpun sejumlah induk kitab bahasa yang nyaris telah memenuhi kecukupan semuanya dalam kitab itu. Diantara kitab karangan lainnya adalah Mukhtar Al-Ghani sebanyak satu jilid; Al-Akhbar Abu Nuwas, sebanyak dua jilid kecil, dan kitab Mukhtashar Akhbar Al-Mudzakarah wa Nisywar Al-Muhadharah.


IBNU NAZHIM

                  Nama lengkapnya adalah Muhammad bin Muhammad bin Abdillah bin Malik Badrudin bin Jamaludin Ath-Thai Ad-Dimasyqi As-Syafi'i Ibnu Nahwi, seorang imam bidang nahwu, cerdas dan luas pengetahuaanya, ahli dalam bidang Ma'ani, bayan, badi', 'arudh, dan mantiq (logika), serta ahli dalam bidang fiqih dan ushul. 
                 Beliau belajar langsung dari Ayahnya (Ibnu Malik) dan Mu'min di Ba'labaka. Pada saat ayahnya wafat, Beliau di undang di Damaskus untuk menggantikan Ayahnya mengajar, kemudia Beliau memenuhinya dan bermukim disana serta mulai konsentrasi dalam mengarang.
                 Ibnu Nazhim adalah seorang imam dalam berbagai disiplin ilmu, dari mulai ilmu 'arudh, nahwu, ma'ani, dan bayan. Melainkan, bahwa Beliau tidak mampu membuat nazham satu bait pun. Berbeda dengan Ayahnya (Ibnu Malik), Beliau merupakan seorang pengarang besar yang mampu membuat nazham dalam segala bidang keilmuan dengan menggunakan Bahar Rajaz dan mampu memasukkan berbagai persoalan ilmu pengetahuan dalam ungkapan kalimat yang ringkas.
                 Menurut riwayat, Ibnu Nazhim pernah mendapatkan selembar pertanyaan dari muridnya yang isinya berupa nazham, dan Beliau hendak menjawabnya pula dengan satu nazham. Untuk itu, Beliau duduk dirumahnya dari mulai pagi sampai malam, akan tetapi tidak mampu membuat satu  bait pun, sampai akhirnya Beliau meminta bantuan temannya di Madrasah untuk menjawabnya.
                 Diantara kitab karnya adalah Syarh Alfiyah karya Ayahnya, yang dikenal dengan Al-Khulashah (Alfiyah Ibnu Malik), dengan penjelasan yang sempurna dan berbobot, tetpi Ayahnya menunjukkan kekeliruan -kekeliruan di beberapa tempat; Al-Muqaddimah fi Al-Manthiq dan Muqaddimah fi Al-'Arudh.
                 Ibnu Nazhim wafat di Damaskus, dan disemayamkan di pemakaman Bab Ash- Shagir.




IBNU HISYAM

                Nama lengkap beliau adalah Jamaludin Abdullah bin Yusuf bin Ahmad bin Abdullah bin Hisyam Al-Anshari Al-Kazraji. Awalnya Beliau penganut Madzhab Syafi'i, tetapi kemudian pindah madzhab Hambali. Ibnu Hisyam lahir di Kairo pada tahun 708  Hijriyah dan wafat pada bulan Dzulqa'dah tahun 761 Hijriyah.
                 Beliau pernah mendengar Diwan Zuhair bin Abi Sulma dari Abu Hayan. Diantara puisi terkenalnya"


ومن يصطبر بالعلم يظفر بنيله                      ومن يخطب الحسناء يصبرعلى البذل
ومن لم يذلّ النّفس فى طلب العلم                       يسيرا يعش دهراطويلاأخا ذل
     
           Siapa yang bersabar dalam mencari ilmu, maka ia akan memperoleh apa yang dicitakan. Siapa yang meminang perempuan cantik, maka bersabarlah atas pemberian.
           Siapa yang tidak merendahkan hati sebentar saja dalam mencari kemuliaan, maka ia hidup dalam waktu lama bersama teman kehinaan.

Diantara kitabnya yang terkenal adalah Mughni Al-Labib; Awdhah Al-Masalik 'ala Alfiyah Ibnu Malik; dan Qathr An-Nada'.


AHMAD BIN MUHAMMAD AN-NAHAS

                Beliau adalah Ahmad bin Muhammad bin Ismail Abu Ja'far, dikenal dengan nama An-Nahas. Beliau adalah seorang penduduk asli Mesir, kemudian pergi ke Baghdad dan belajar kepada Al-Akhfasy Shaghir, Mubarrad, Nifthawaih , dan Az-Zajaj, kemudian kembali lagi ke Mesir sampai wafatnya disana.
                Ibnu Nahas adalah ulama yang luas pengetahuannya, alim dalam bidang nahwu dan tidak segan bertanya kepada ulama fiqih serta berdiskusi bersama mereka dalam berbagai masalah yang sulit. Beliau enggan membeli sendiri kebutuhan hidupnya.
                Diantara kitab karyanya adalah Al-Muqni', dalam bidang ikhtilaf antara ulama Kufah dan Bashrah; Syarh Abyat Sibawaih, dan At-Tuhafah dalam bidang kajian nahwu.


AHMAD FARIS SYIDYAQ

                Beliau adalah seorang ahli bahasa dan pengarang kamus kelahiran Lebanon (1304H/1887M). Beliau mempunyai kitab karangan yang dikenal dengan sebutan Al-Jasus 'ala Al-Qamus, sebuah kitab yang meneliti kesalahan -kesalahan dalam Al-Qamus Al-Muhith, karya Fairuzzabad.


AHMAD BIN ABDUL QADIR

                Nama lengkapnya adalah Ahmad bin Abdul Qadir bin Ahmad Tajudin bin Muhammad Al-Hanafi, seorang ahli nahwu dan alim dalam fiqih dan bahasa. Beliau pada mulanya belajar nahwu Kepada Bahaudin bin Nahas, kemudian belajar secara mulazamah dalam waktu yang lama kepada Abu Hayan.
                Diantara kitab karya beliau adalah Syarh Kafiyah Ibnu Hajib; Syarh Syafiyah Ibnu Al-Hajib; Syarh Al-Fashih; Ad-Dur Al-Laqith min Al-Bahr Al-Muhith; dan Al-Jam'u  Al-Mutanah fi Akhbar Al-Lughawiyin wa An-Nuhat. 


AHMAD RIDHA

                 Nama lengkapnya adalah Ahmad Ridha bin Ibrahim bin Husain bin Yusuf bin Muhammad Ridha Al-Amili Abu 'Ala Bahaudin, seorang ulama bahasa dan sastra arab, dan merupakan anggota Al-Majma' Al-'Ilmi Al-'Araby. Beliau lahir dan tumbuh besar di daerah Nibthiyah, kemudian belajar di daerah tersebut, namun kemudian Beliau pindah ke sekolah di desa Anshar dan bermukim disana setahun, kemudian pindah lagi ke negaranya.
                 Ahmad Ridha termasuk orang yang banyak membaca dan menyerap berbagai ilmu pengetahuan dari para Syaikh (guru) di Al-Azhar. Beliau belajar sambil berdagang dan mempublikasikan sejumlah artikel tulisan dan kasidahnya sehingga menjadi ulama terkenal.
                 Diantara kitab karyanya adalah Matnu Al-Lughah Al-'Arabiyah, sebanyak lima jilid; Rad Al-'Ami ila Al- Fashih dalam bidang bahasa; Hidayatal Muta'allimin; Risalah Al-Kath dalam bidang sejarah tulisan Arab (kaligrafi), dan kitab Al-Wafi bi Al-Kifayah wa Al-'Umdah.


AHMAD SYAUQI

                  Beliau adalah Ahmad Syauqi bin Ali bin Ahmad Syauqi, seorang penyair terkenal dengan julukan Amir Syu'ara yang lahir dan wafat di Kairo, Mesir.
                  Syauqi belajar di Madrasah negeri, kemudian bekerja dua tahun pada bagian terjemah dimadrasah Al-Huquq (hukum). Khedif Taufikq mengirimnya belajar ke Prancis tahun1887, dan disana Beliau masuk pada bidang kajian hukum dan sastra Prancis. Kemudian pulang kembali ke mesir tahun 1891, dan tidak lama kemudian Beliau langsung di angkat sebagai kepala bagian "kalam Eropa" pada dewan Khedif Abbas Hilmi. Dia juga pernah berkunjung ke Inggris, Al-Jazair, dan Spanyol. Pernah mengikuti Muktamar Orientalis Jenewa. Disana beliau tampil berpidato memaparkan gambaran tentang undang-undang Mesir. Beliau salah seorang Anggota  Majilis Asy- Syuyukh sampai wafatnya.
                  Seluruh hidupnya beliau abadikan pada syair, dan Beliau juga orang pertama yang memperbagus kisah-kisah syair Tamtsili dengan menggunakan bahasa arab fasih, karena Beliau bermaksud menyatukan antara dua unsur bayan: syair dan natsar. Di antara ungkapannya:

فطلبوا العلم لذات العلم        لشهادات وأراب أخر

          Carilah ilmu untuk ilmu itu sendiri, bukan untuk memperoleh ijazah dan tijuan-tujuan lain.

Diantara kitab karyanya adalah Diwan Asy-Syauqiyah.


AHMAD 'UMAR AL-ISKANDAR

               Beliau adalah Ahmad bin Ali Umar Al- Iskandari, seorang ahli sastra dan ulama Mesir yang lahir di Iskandariyah, kemudian belajar di Al-Azhar dan Darul Ulum.
               Al-Iskandari merupakan sistem pembelajaran, sehingga sistim tersebut banyak digunakan oleh para ulama lainnya. Beliau salah seorang anggota Al-Maktab Al-Fanni di kementrian pendidikan Mesir dan termasuk anggota Majma' Al-Lughah Al-'Arabiyyah, Mesir.
              Beliau banyak menulis buku pelajaran untuk Madrasah, diantaranya Tarikh Adab Al-Lughah Al-'Arabiyyah fi Al-Ashr Al-Abbasi; Al-Adab Al-'Arabi; dan Nuzhat Al-Qari sebanyak dua jilid.


AHMAD AL-HASYIMI

              Beliau adalah Ahmad bin Ibrahim bin Mushtafa Al-Hasyimi, seorang sastrawan dan Muallim kelahiran mesir. Pernah menjabat sebagai seorang direktur yang membawahi tiga sekolah swasta, yaitu satu untuk sekolah kusus laki-laki dan dua untuk sekolah kusus perempuan. Beliau pernah belajar kepada Syaikh Muhammad Abduh, seorang pembaharu.
              Diantara kitab karyanya adalah Uslub Al-Hakim; Jawahir Al-Adab; Jawahir Al-Balaghah; Mizan Al-Dzahab; dan kitab Mukhtar Al-Hadist An-Nabawiyah.




AL-AKHFASY


             Ada tiga orang ulama terkenal yang ahli nahwu yang dijuluki Al-Akhfasi, yaitu sebagai berikut:
1. Abdul Hamid bin Abdul Majid (177H/793M). Beliau sering dikenal juga dengan nama    
     Akhfasy kabir.
2. Said bin Mas'adah (215H/830M), dikenal dengan nama Akhfasy Awsath.
3. Ali bin Sulaiman (315H/920M),dikenal dengan nama Akhfasy Shaghir.


AZHARI

               Nama lengkapnya adalah Muhammad bin Ahmad bin Al-Azhari Al-Harawi Abu Manshur,. Beliau adalah seorang imam bidang bahasa dan sastra yang lahir dan wafat di Hirah, Khurasan. Nama Al-Azhari adalah nisbat dari kakeknya, Al-Azhar. Sejak dewasa Beliau mulai mengembara untuk mencari ilmu dan masuk ke berbagai kabilah serta memperluas pengetahuannya dalam bidang cerita-cerita mereka. Setelah sampai di kota Qaramithah, Beliau hidup bersama golongan Hawazin. "Mereka berbicara memakai bahasa asli badawi, bahkan dalam percakapannya nyaris tidak ditemukan kecacatan dalam bahasa", kata Al-Azhari, seperti diceritakan dalam pendahuluan kitabnya, Tahdzib Al-Lughah.
                Diantara kitab lainnya adalah Gharib Al-Alfazh allati Ista'malaha Al-Fuqaha; Tafsir Al-Qur'an, dan Fawaid Al-Manqulah min Tafsir li Al-Muzani.




BUSHIRI


              Beliau adalah Imam Muhammad bin Said Ash-Shanhaji Al-Busiri, seorang pengarang kasidah burdah. Beliau keturunan Barbar yang dilahirkan di Kairo, Mesir, murid sufi besar yang bernama Imam Syadzili dan penerusnya bernama Abdul Abbas Al-Mursi. Bushiri Pernah menderita lumpuh total, dan beliau pernah berobat ke berbagai thabib (dokter), tetapi penyakitnya tidak kunjung sembuh. Pada suatu ketika beliau bermimpi berjumpa dengan Rasulullah SAW dalam mimpinya, dimana Nabi melepaskan Burdah (mantelnya), lalu mengenakannya pada Bushiri. Ketika itu Beliau kaget terbangun dari tidurnya dan menjumpai seluruh tubuhnya merasa sembuh dari penyakit lumpuh itu.
               Atas rasa syukurnya itu, Beliau membuat syair yang memuji Nabi (madah Nabi), selanjutnya gubahan syair itu diberi nama kasidah Burdah, sebuah nama yang diambil dari burdah pemberian Nabi. Bait pertama dari gubahan syair tersebut:


أمن تذكّرجبران بذى سلم      مزجت دمعاجرى بمقلة بدم

         Apakah karena mengingat tetangga Dzu Salam, kamu cucurkan airmata yang bercampur darah.
         
              Kasidah ini disebut juga Al-Kawakib Ad-Durriyah fi Madh Khair Al-Bariyyah, sebanyak 162 bait syair. Al-Bushiri juga memiliki kasidah lain , yaitu kasidah Nuniyah yang isinya mencela mustakhdamin (pegawai pemerintah) bangsa Timur di Mesir, Bait pertama berbunyi:

نقدت طوائف المستخدمينا         فلم أر بينهم رجلاأمينا

        Aku kritik kelompok para pegawai, Sebab aku tidak lihat seorangpun dari mereka yang dapat di percaya.

Kasidah lainnya adalah bentuk kasidah Hamziyah tentang pujian kepada Nabi menurut bentuk puisi Banat Suad, karya Ka'ab bin Zuhair.

TSA'LAB

             Beliau adalah Abu Abbas Ahmad bin Yahya (291H/904M), seorang imam ulama Kufah dalam bidang nahwu dan bahasa. Diantara kitab karyanya adalah Majalis Tsa'lab dan Qawa'id As-Syi'ri.

TSA'LIBI

             Beliau adalah Abdul Malik bin Muhammad Ismail (429H/1036M), salah seorang imam bahasa dan sastra. Beliau banyak menulis kitab terutama dalam bidang ilmu nahwu, diantaranya Yatimah Ad-Dahr; Fiqh Al-Lughah, dan Tsimar Al-Qulub fi Al-Mudhaf wa Al-Manshub. 


JAUHARI 

             Beliau adalah Ismail bin Hammad (393H/1005M), seorang ahli bahasa terkenal, penyusun kamus Mukhtar Ash-Shihah, yang kandungan isinya disusun berbentuk mufradat (huruf hijaiyyah). Pada masa tuanya Beliau terjangkit penyakit hilang akal (pikun), tidak lama kemudian Beliau wafat.


HAJI KHALIFAH

              Beliau adalah Musthafa bin Abdullah katib Halabi, penulis kitab Kasyf Azh-Zhunum yang lahir dikota Askanah (Turki), sementara ayahnya adalah seorang tentara perang. Pada saat menginjak usia dewasa, Beliau mulai menekuni diri sebagai penulis dalam bidang ketentaraan di Anatolia. Kemudian Beliau pindah ke Baghdad, hingga disana Beliau menjadi ketua katib (penulis). Pada tahun 1038 Beliau kembali ke kota Astanah dan membaktikan diri dalam kajian ilmu pengetahuan.
              Beliau pernah menemani pemimpin besar (sultan) Muhammad Fasya ke Halab, dan dari sana Beliau langsung menunaikan ibadah Haji ke Baitullah. Oleh karenanya, sejak iti Beliau dijuluki 'Haji'. Kemudian Beliau mengikuti perang Arwan, tetapi akhirnya Beliau kembali membaktikan hidupnya dalam bidang ilmu. Beliau juga dijuluki 'Khalifah' sejak menjadi pembantu (wakil) bidang kesejahteraan bantuan (beasiswa) di Astanah. Wakil menurut bahasa mereka (Turki) disebut Khalifah.
              Diantara kitab karangan terkenalnya adalah Kasyf Azh-Zhunum fi Asma'i Al-Kutub wa Al-Funun, sebuah kitab kamus (ensiklopedia) nama-nama kitab berbahasa Arab, yang isinya menghimpun kurang lebih 14.500 entri nama kitab yang disusun menurut kosakata huruf hijaiyah. Kitab karyanya adalah kitab Taqwim At-Tawarikh, dalam bahasa Turki yang membicarakan tentang daftar sejarah silsilah keturunan ; dari kitab Tuhfah Al-Kibar fi Asfar Al-Bihar, tentang Usthul (armada) perang Turki Utsmani. Kitab tersebut dicetak pada tahun 1141 dengan bahasa Turki.


HARIM 

              Beliau adalah Ibrahim bin Muhammad bin Al-Hasani Al-Idris Asu-Syafi'i Burhanudin Al-Harimi, kelahiran Ar-Rasyid di Mesir.
              Harim mempunyai kitab yang masih berbentuk manuskrip (makhtuth), diantaranya Hasyiyah 'ala Syudzur Adz-Dzahab fi Ma'rifat Kalam Al-'Arab li Ibn Hisyam, dan Syarh Mukhtashar As-Siba'i dalam bidang ilmu nahwu.




KHAFAJI 


               Beliau adalah Ahmad bin Muhammad bin Umar Syihabudin Al-Kafaji Al-Mishri, seorang hakim agung dan penulis berbagai kitab dalam bidang kajian sastra dan bahasa. Nisbah keturunannya bersambung kepada kabilah Khafajah.
               Beliau lahir dan tumbuh berkembang di Mesir, kemudian pergi  ke negara Romawi dan disana Beliau bertemu dengan Sultan Murad Al-Utsmani. Atas perkenalannya itu, beliau diberi jabatan sebagai hakim Salanik, kemudian pindah ke Mesir. Tidak lama dari itu, Beliau dipecat dan akhirnya memutuskan untuk pergi ke negara Syam dan Halab. Kemudian kembali lagi ke Romawi, tetapi Beliau diusir ke Mesir, dan menjadi hakim disana sampai wafatnya.
               Diantara kitab karyanya adalah Syifa Al-'Alil fima fi Kalam Al-'Arab min Ad-Dakhil; Nasim Ar-Riyadh fi Syarh Syifa Al-Qadhi Iyadh, sebanyak empat jilid; Khashiyah Tafsir Al-Baidhawi sebanyak delapan jilid; Diwan Al-Adab fi Zikr Syu'ara Al-'Arab dan kitab Qalaid An-Nuhur min Jawahir Al-Buhur, dalam bidang kajian ilmu 'arudh.


KHALID AL-AZHARI


               Nama lengkapnya Khalid bin Abdulah bin Abi Bakar bin Muhammad Al-Jurjawi Al-Azhari Zainudin, dikenal dengan nama Al-Waqad. Al-Azhari adalah seorang ahli nahwu dari Mesir yang lahir di Jurjawi. Hidupnya di Kota mesir dan wafat dalam perjalanan setelah kembali dari menunaikan ibadah haji sebelum masuk Kkota Mesir.
               Beliau mempunyai banyak kitab dalam bidang ilmu nahwu , diantaranya Al-Muqaddimah Al-Azhariyyah fi 'Ilm Al-Arabiyyah; Mushil Ath-Thulab ila Qawaid Al-I'rab, Syarah Al-Ajurumiyyah; Syarah Awdhah Al-Masalik ila Alfiyah Ibnu Malik, dan Al-Aghaz  An-Nahwiyyah, dalam bidang ilmu nahwu.


KHALIL BIN AHMAD
 

               Nama lengkapnya Al-Khalil bin Ahmad bin Amr Al-Farahidi Al-Yahmadi Al-Azdi, lahir di Bashrah tahun 100 Hijiriyah. Menurut riwayat lain, beliau lahir di desa 'Amaniyah.
               Khalil adalah ulama nahwu paling awal (salaf) yang membawa ilmu nahwu ke Irak. Oleh karena keutamaannya, ilmu nahwu telah mencapai puncak kedudukan tinggi yang tidak pernah dicapai pada abad pertama dan kedua hijiriyah. Tidak ada seorang gurunya yang mencapai kedudukan tinggi dalam bidang nahwu seperti Khalil bin Ahmad ini, dan juga tidak ada muridnya yang sampai pada kedudukan tinggi dalam bidang nahwu seperti Khalil kecuali Sibawaih seorang.
               Khalil memiliki tanda-tanda kecerdasan, zuhud dan ahli syair. Dalam hidupnya, Beliau rela dan menerima dengan meteri yang sedikit. Melainkan, bahwa Beliaulah satu-satunya ulama yang menulis 'ilmu 'arudh dan membaginya kepada lima dairah (tingkatan), yaitu dairah mukhtalif atau disebut bahar thawil; dairah wafir, dairah al-hazl, dairah sari' dan daerah mutaqarib. Dan dari kelima dairah tersebut lahirlah 10 bahar.
               Khalil juga ulama pertama penyusun kamus, yang dikenal Mu'jam Al-'Ain, kitab kamus pertama dalam bidang bahasa yang telah sampai kepada kita sekarang.
               Diantara ungkapan Al-Khalil: "Tiga hal yang dapat melupakanku akan musibah: lewat malam, perempuan (istri) yang cantik jelita, dan berbincang-bincang dengan para ulama."


KHUDHARI

              Nama lengkapnya Muhammad bin Musthafa bin Hasan Al-Khudhari. Beliau seorang ahli fiqih Syafi'i, ulama bahasa Arab yang lahir dan wafat di Dimyath (Mesir). Khudhari pernah masuk Universitas Al-Azhar Mesir, tetapi karena sakit dan kedua telinganya tidak mendengar (tuli), Beliau lalu kembali ke daerah asalnya dan menekuni ilmu-ilmu agama dan filsafat.
              Khudhari mempunyai banyak kitab dalam bidang nahwu, diantaranya Hasyiyah 'ala Syarh Ibnu 'Aqil, dalam bidang nahwu; Ta'liqat 'ala Syarh Hikmah Al-'Ain; Hasyiyah-nya dalam bidang 'ilmu mantiq (logika), dan Hasyiyah 'ala Syarh Al-Malawi 'ala Samarqandi, dalam bidang balaghah.




RADHI ISTIRABADZI


              Beliau adalah Muhammad bin Hasan Radhi Al-Istirabadzi Najmudin, seorang ulama ahli bahasa Arab kelahiran Istirabadzi (bawahan negara Tibristan). Beliau memiliki dua kitab karangan yang terkenal, yaitu Al-Wafiyah fi Syarh Al-Kafiyah, karya Ibnu Hajib dalam bidang ilmu nahwu sebanyak dua jilid, dan kitab Syarh Muqaddimah Ibnu Al-Hajib, yang dikenal dengan nama Asy-Syafiyah dalam bidang ilmu sharaf. Radhi menjadi ulama terkenal lantaran kitab karangannya yang terkenal itu, dan Beliau akhirnya mendapat julukan Shahib Syarh Al-Kafiyah.
               Imam Suyuthi pernah berkata: "Shahib Syarh Al-Kafiyah karya Ibnu Al-Hajib belum pernah ditemukan kitab  yang seperti itu, bahkan tidak biasanya terdapat pata kitab-kitab nahwu dalam hal ketelitian dan bagus argumentasinya. Beliau wafat di Mekah antara tahun 684 atau pada tahun 686 Hijiriyah, aku ragu."




RAGHIB AL-ASHBAHANI


               Beliau adalah Abu Qasim Husain bin Muhammad Mufadhal Al-Asbahani (502H/1108M) seorang ahli sastra dan ulama kota Asfahan (Iran). Diantara kitab karyanya adalah Muhadharah Al-Udaba; Adz-Dzariyat ila Makarim Asy-Syari'ah dan Al-Mufradat fi Gharib Al-Alqur'an.


2 komentar:

Unknown mengatakan...

mungkin data tahun kelahiran dan wafat atau nefara perlu dicantumkan untuk memehami sejarah awal dan silsilah ta'lim ulum nahwu hingga muttasil

Unknown mengatakan...

pengarang kitab al Imrithy kok nggak ada yaaa???????///

Posting Komentar